Saturday 7 May 2016

Sadiq Khan_Anak Supir Bus Menjadi Walikota Muslim Pertama di London


Sadiq Khan adalah adalah seorang politikus Britania Raya yang menjabat sebagai anggota parlemen untuk wilayah Tooting semenjak ia terpilih dalam pemilihan umum Britania Raya 2005. Ia adalah anggotaPartai Buruh. Secara ideologis, ia merupakan seorang demokrat sosial yang moderat.

Khan lahir di London dan memperoleh gelar sarjana hukum di Universitas London Utara. Ia kemudian berprofesi sebagai seorangsolicitor yang berspesialisasi dalam bidang hak asasi manusia. Khan pernah menjabat sebagai kanselir di London Borough of Wandsworth dari tahun 1994 hingga 2006.

Pada tahun 2008, ia diangkat sebagai Menteri Negara untuk Komunitas oleh Perdana Menteri Gordon Brown dan menjadi orang Pakistan Britania kedua yang menjabat di pemerintahan. Khan kemudian menjadi Menteri Negara untuk Transportasi. Ia bergabung dengan kabinet bayangan Ed Miliband sebagai Secretary of State for Justice bayangan dan Lord Chancellor bayangan pada tahun 2010. Pada 16 Januari 2013, ia juga diangkat sebagai Menteri untuk London bayangan, pada 11 Mei 2015, ia mengundurkan diri dari kabinet bayangan ini untuk menjadi calon wali kota Partai Buruh. Pada 11 September 2015, Khan diusung sebagai calon wali kota London oleh Partai Buruh
sumber : www.wikipedia.org

Dilansir melalui USA Today, Sabtu, 7 Mei 2016, Sadiq Khan berhasil memenangkan pemilihan dengan raihan 44,2 persen suara. Dia mengalahkan pesaingnya, Zac Goldsmith yang berasal dari partai Konservatif, dengan raihan hanya 35,6 persen suara. Itu terjadi dalam pemilihan putaran pertama.
Sedangkan pada putaran kedua, Khan, yang berdarah Pakistan ini, berhasil mengungguli Goldsmith, dengan raihan lebih dari 50 persen suara. Demikian dilaporkan BBC.



Sadiq Khan memang sudah tidak asing bagi masyarakat London, dikenal dengan kharismatiknya tinggi, berwibawa, tegas, dan juga ramah dengan masyarakat London membuat ia dipilih oleh masyarakat London menjadi walikota dengan berhasil memimpin di 2 putaran, meraih 44,2 persen suara da lebih dari 50 persen suara. Insya Allah dengan terpilihnya Sadiq Khan Muslim di dunia dapat lebih dikenal oleh masyarakat dunia juga menghilangkan pandangan tentang "islam adalah teroris", dan insya allah munculnya mualaf-mualaf di barat sana, amin...


berikut foto Sadiq Khan dengan masyarakt London










sekian dari postingan kali ini dan semoga bermanfaat, wassalamualaikum...

No comments:

Post a Comment